Perbedaan Whatsapp dan Telegram dari Berbagai Fiturnya

Perbedaan Whatsapp dan Telegram dari Berbagai Fiturnya

Perbedaan Whatsapp dan Telegram paling kelihatan adalah pada fitur stiker. Siter Telegram memungkinkan penggunanya melakukan pencarian animasi bergerak atau gif dan aplikasi edit foto. Tidak hanya itu, bahkan tersedia fitur platform open sticker agar chatting lebih seru. Namun bukan hanya itu saja, ada banyak perbedaan fitur lainnya.

Contoh lainnya adalah soal lupa kata sandi whatsapp. Kalau kamu lupa kata sandi whatsapp, maka bisa dipulihkan dengan mudah. Kamu bisa membaca metode lupa kata sandi Whatsapp kalau mau tahu lebih detailnya.

Perbedaan Whatsapp dan Telegram dari Berbagai Fiturnya

Melanjutkan fitur stiker tadi, pengguna bisa mencari beraneka ragam stiker menarik di aplikasi ini, namun jumlahnya tidak banyak alias terbatas. Sedangkan untuk mendaftarkan stiker pun bisa dibilang ribet. Konten ini pada dasarnya berbasis kreator, sehingga harus melalui tahap pengecekan oleh Whatsapp. Berikut ini beberapa perbedaan lainnya.

Jenis Penyimpanan

Telegram memungkinkan penggunanya menggunakan dua jenis penyimpanan, yaitu secara cloud maupun unduh ke galeri. Sedangkan Whatsapp akan langsung menyimpannya di ponsel. Tak jarang hal inilah yang membuat pengguna mendapati memorinya cepat habis. 

Dengan media penyimpanan berbasis cloud, pengguna jadi tidak perlu khawatir akan kehilangan data. Selain itu, hal ini berguna agar memori telepon tidak cepat habis. 

Contohnya pengguna Whatsapp di iOS juga hanya bisa backup data ke layanan iCloud yang dimiliki Apple. Ketika ingin ganti perangkat iPhone, pastikan kamu sudah melakukan pencadangan data. Setelah itu, lakukan restore chat history ke perangkat iPhone baru yang diganti. 

Pencadangan data oleh Telegram memiliki sistem yang berbeda. Semua data berupa chat dan dokumen yang diunggah akan disimpan ke sistem cloud dari Telegram. 

Artinya, saat ganti ponsel atau bahkan menggunakan sebuah akun Telegram di dua smartphone bisa dilakukan. Sedangkan semua data berupa chat dan dokumen di dalamnya bisa diakses dengan mudah.

Paket Stiker Whatsapp dan Telegram

Whatsapp memang populer dengan penggunaan stiker lucu. Sayangnya, aplikasi ini baru memiliki sebagian dari fitur tersebut. Whatsapp sticker pada dasarnya merupakan fitur baru yang ditambahkan.

Soal stiker, Telegram bisa dibilang cukup fleksibel. Fitur StickerBot di dalamnya membuat siapa saja bisa mendaftarkan paket stiker sendiri. Jadi, kamu bisa menggunakan paket stiker buatan sendiri atau oleh suatu perusahaan. 

Bagaimana paket stiker tersebar di Telegram? Fitur ini pada dasarnya dibuat berdasarkan komunitas dan berapa banyak yang mengunduhnya secara gratis. 

Hashtag

Fitur hastag mungkin lebih populer di media sosial seperti Twitter dan Instagram. Namun, ternyata aplikasi Telegram juga memilikinya. Hastag dapat membuat chat pada grup menjadi rapi terstruktur. Sementara itu, Whatsapp belum menambahkan fitur ini. 

BOT

Telegram memang cukup populer dengan fitur bot di dalamnya. Bot merupakan akun yang dijalani oleh pihak aplikasi itu sendiri. Tidak hanya bisa menampilkan chat secara otomatis, fitur bot ini juga bisa melakukan broadcasting, game, dan lain-lain. 

Sedangkan Whatsapp belum memiliki fitur bot seperti itu. Namun, kamu bisa mendapatkannya di Whatsapp Business yang memberikan fitur bot chat untuk aktivitas bisnis. 

Voice Call dan Video Call

Di era modern seperti ini, aplikasi chat yang hanya untuk chat bisa dibilang sudah ketinggalan zaman. Sudah banyak aplikasi chat yang dilengkapi fitur voice call atau video call. Pada bagian ini, Whatsapp memang lebih unggul dibanding Telegram. 

Salah satu alasan banyaknya pengguna Whatsapp adalah fitur video call di dalamnya yang cukup penting. Bahkan kamu bisa melakukan video call tidak hanya dengan satu orang di Whatsapp. Sedangkan Telegram belum menambahkan fitur yang cukup penting ini. 

See also  Cara Mengatasi Papan Tombol Samsung Terhenti